Minggu, 18 Desember 2016

asisten anatomi in my mind

hai, berapa tahun aku gak nulis disini? HAHAHA. ya Allah, aku kangen rasanya jadi ansos aja. aku mencoba untuk banyak cerita ke orang. dan ahirnya, aku malah iri. aku iri mereka followersnya banyak. tindakan menyebalkan org hits akan dimaklumi dan mereka akan tetap disukai. aku iri dan berusaha seperti itu. lalu aku berusaha menarik di sosial media dan kehidupan nyata. dan tetap, aku  hanya sampah. aku bukan org yg keren sama sekali. aku gabisa jadi org lain. jd mulai sekarang aku memutuskan utk, yawda, asik sendiri jg lebih menyenangkan. dan gamau berusaha jdi org lain.

Hari ini, aku br selesai nentir.
apa itu nentir? HAHAH. belajar tambahan. untuk anatomi. bukan aku yg belajar tambahan. tapi aku yg ngajar. waw. aku sendiri masih amaze. yd itu gak pinter. yd itu gada gunanya. yd itu gak dibutuhin. aku gak akan lupa ada temenku yg blg "emang lo pernah ada gunanya buat gue?" waktu aku sering nebeng mobil dia dan kita bercanda2 kalo aku mau diturunin. iya, itu bercanda. tapi nusuk buat aku.

aku gak akan lupa.
jujur, iya aku pernah membayangkan kalo aku jd asdos anat waktu aku mahasiswa tahun pertama. iya jujur aku pengen jadi asdos. tapi apa pernah terlintas di otak aku kalo akan bener2 ngelewatin seleksinya? no. ya Allah, aku masih mahasiswa biasa yg waktu itu masih nganggap anat adalah momok utk fk.



sampe akhirnya, alhamdulillah nilaiku gapernah jeblok. suatu hari yg bikin aku bs coming out lah kalo ada yg nanya kalo jd asdos maunya, trs jawab anat adalah ketika temenku , namanya ria, aku gak akan lupa. dia inhal tentamen, kita lg papasan aja di RP, trs aku tanya dia ngapain, ternyata mau inhal anat dan minta ajarin aku. iseng kok. aku bukan anak pinter yg terkenal pinternya trs kl ketemu org langsung diminta ajarin. jangankan terkenal, pinter juga engga. iya, aku pas pasan. terus, aku juga iseng aja nge-iyain dan jatuhnya sih malah ngobrolin soal2 tentamen kemaarinnya dan bahas2 gt. trs komen akhir ria "kak yede, kak yede hrs daftar asdos anat". aku memang dipanggil kak sm temen angkatan sendiri-_- wkwkwk. trs mulai saat itu aku kayak ngerasa "waw, serius?". yes, mana yakin jadi asdos anat-_-, mukaku paspasan, otak juga, modal hits jg gak ada sama sekali, kenal kakak kelas jg engga. waw komplit. muka paspasan kenapa aku sebut? krn biasanya asdos anat cantik dan ganteng, ga bohong.

trs aku mulai targetin diri, waktu itu blok B an lah, tinggal 2 tentamen sblm pendaftaran asdos anat. anak2 yg kepengen jd asdos anat udah siap. aku? masih gak kepikiran. pikiran aku "kalo tentamen gue ada 90 nya, fix daftar. sampe selesai b.4, tentamen tertinggiku 8,75. blm pernah 9. aku mulai pesismis walau di blok b.4 itu aku mulai ada klp belajar. waw klp belajar ini seru buat jd postingan, nanti yah ku ceritain di post terpisah.

tapi ok, aku punya temen belajar yg sangat membantu aku utk pede dan daftar. aku daftar.
abis masukin berkas, you know......masukin berkas aja menurutku sebuah pencapaian besar. "aku daftar asdos anat?" lol. beneran.
trs seleksi. gak akan lupa aku dapat materi yg susah buat ku. ya, aku gak sepintar yg lain. bagiku, persarafan itu susah. aku dapat plexus brachialis. dibantai? pasti. hancur.tahap seleksi lain? waw, gada 1 pun yg kurasa sukses. sedih? PASTI! apa yg gue inget? buku KLM!!!
aku bukan anak org kayaaaa, aku bs dibilang lg jatuh ekonominya saat itu. gak kepikiran jd asdos anat, textbook anat aja gapunya 1pun, ga mampu beli. mau nangis. sempet mikir "gabisa beli klm, fix gak daftar lah". ke gramed, waktu itu di jakarta, lg liburan. cek harga klm, gak ada yg english, adanya translatean dan harganya 1,2jt sepaket. lah, makan aja hemat2 dulu. sehari kalo bisa 8-12 ribu. yes aku pernah ngalamin berusaha makan 4ribu sekali makan. nasi telor dadar. kl untung, dapet sambel, kadang2 gadikasi sambel. gak bohong. skg alhamdulillah muchmuchmuch better, alhamdulillah ya Allah. trs, mahal kan 1,2 jt, yawda ga beli. eh papaku kayaknya tau aku kepengen buku itu. sampe suatu hari aku gak akan lupa, pas papaku pulang, blm masuk rumah, masih di garasi, depan pintu "nakku, nakku" dengan gayanya yg...ngomong cepat dan muka lelah tua, tangan belangnya benar2 hitam putih karena matahri, dan yes, papaku stroke, tp masih bisa kerja. naik motor. lol. (keinget jaman susah tiba2). trs trs lanjut jgn kedistrak WKWKWK padahal gue yg distrak. maap. lanjut, trs papa keluarin dompet dan duit trs kasih ke gue "ini ini ini ini ini nak, beli buku nak beli ya" NANGIIIIIIIIIIIIS. bokap usaha sangat besar buat anaknya yg useless ini.
bsknya lgsg beli. baca, semangat pas awal, trs ngerasa gak sempet baca klm, modal video, kanula, dan baca klm utk materi2 yg lagi aku mau aja.

yes, sedih kalo gak lolos. usaha papa sia2. usahaku? gausa dianggap. susahnya kita kuliah, lbh susah lagu ortu kita. mana lo tau ternyata nyokaplo gadaikan semua emasnya buat bayar kuliah lo? gatau kan lo? yes gue jg, gatau. sampe pas liburan gue tau.
thats why, gue pengen punya sesuatu selama kuliah, setidaknya jd bermanfaat.
ok, gue tekankan ke diri sendiri "yed, kl ga lolos jd asdos anat, kan tetap bisa ajar2 in org lain".

trs pengumuman.
gamau buka lah. temenku yg pasti lolos jg gamau buka. mungkin takut timpang kl aku gak lolos dan dia lolos. sampe akhirnya ternyata aku lolos. aku sm temen2ku belajar brg lolos semua. SENENG BANGET. terlepas apakah aku hanya yg peringkatnya biasa atau apa, aku seneng.

trs aku jalanin hari2 jadi asisten. awal2 ancur aku ngajar. blm terbiasa. sampe ada masanya aku yakin aku enak kalo ngajar. dan ga ada anak yg gak excited sm aku. sampe pada fase aku tau aku gak terlalu enak, motivasiku sudah beda, nilai akademiku hancur krn kebanyakan ngajar, padahal yg salah bukan anat, yg salah aku, aku yg sebodoh itu gabisa bagi waktu seperti teman2 lain yg ngajar pol nilai jg pol, aku ngajar mulai kurang bener, suka sesat dan diperbaiki adik2nya, sampe di fase aku sudah biasa aja kalo ada adek yg ngantuk di depan aku dan skg.....aku sampe di akhir.

hari ini adalah ngajar terakhirku.
tentir adek2 di sebuah restoran.
waw, gak kerasa, 1,5 tahun aku jd asdos anat.
yd yg bodoh, ga ada gunanya, cantik juga engga (aku sering dikatain dan dibandingin, entah, mungkin mereka ngagap itu bercanda, gatau kl aku sedih setiap dikatain, ya, tp teman2ku mmg jauh lebih baik, mungkin mereka pantas menghina aku)........tp aku....pernah jadi asdos anat.
bagi temen2ku yg lain, asdos anat biasa aja kaliya, apalagi bagi mereka yg penuh prestasi.
tp bagi aku? waw, aku pernah berguna kok ternyata. yaAllah. alhamdulillah.

dan skg aku sadar, di ngajar terakhir ini, anatomi ngasih banyak banget pengaruh. jd keluarga besar anatomi ngaish aku banyak pelajaran baik jelek ataupun bagus. yg penting semuanya berharga. gak akan lupa aku selalu disuruh bikin tempe sampe akhirnya skg aku ngerasa kayak asisten rumah tangga yg hanya dinotice kl mereka butuh, sampe aku pernah marah kalo dibiilang histrionik dll krn selalu cerita2 lebay2, padahal maksudku biar semua senang, tapi aku jg jd ngobrol sm dokter2 hebat krn disini, sampe akhirnya.....di ngajar terakhir ini, alhamdulillah ada hal2 yg membuat aku merasa senang dan bahagia karena merasa lebih baik lewat anat.
ya, aku lebih baik karena aku mengajar.
makasih dek, udah mau perhatikan aku, udah mau mohon2 minta tentir, panggil2 aku di lab untuk di ajar. makasih banyak. aku yg makasih. setauku, sebaikbaiknya manusia adalah yg bermanfaat. makasih kalian buat aku bermanfaat, buat aku merasa lebih baik. makasih banyak. sekali lagi makasih banyak.

yaAllah, smg berkah yg aku lakukan. dan makasih yaAllah, udah bukakan jalanku, untuk jd org yg bermanfaat, setelah aku diingatkan orang kalau aku adalah org paling tidak berguna di dunia ini. alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar